Ada 41 Kasus Pencurian Motor Oleh Polres Jakbar

Dalam kurun waktu satu tahun, Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Barat mengungkapkan terdapat 41 kasus pencurian kendaraan bermotor. Dari puluhan kasus ini, mereka telah berhasil mengamankan 57 tersangka.

Penangkapan ini diungkap oleh Joko Dwi Harsono, Kasar Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, merupakan hasil dari kerja keras anggota selama satu tahun. Ia juga menjelaskan kalau para pelaku memiliki beragam modus berbeda, seperti mencari motor yang sedang di parkir di tempat umum, dan juga motor yang ditinggalkan di pinggir jalan.

Mereka melakukan aksinya dengan cara merusak kunci motor dengan menggunakan kunci letter T, lalu merampan kendaraan yang mereka temui. Selain itu ada juga yang menggunakan senjata tajam dan juga senjata api dalam melakukan aksinya.

Joko mengatakan, dari pengakuan yang dibuat oleh tersangka, mereka sengaja mencari sasaran yang berada di daerah Jakarta Barat dan sekitarnya. Pelaku yang diamankan, rata-rata merupakan residivis dan sudah berkali-kali melakukan hal yang sama.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan bahwa sebelumnya mereka telah memberikan atensi kepada setiap kapolsek untuk bisa lebih memaksimalkan pengungkapan kasus dari curanmor dan juga kejahatan lain. Sampai saat ini Ady mengungkap kejahatan jalanan menjadi atensi mereka karena sangat meresahkan masyarakat.

Ady juga mengungkapkan kalau pihaknya akan terus terfokus untuk melakukan upaya pencegahan agar bisa melakukan antisipas mengenai kejahatan yang terjadi di jalanan. Seperti misalnya dengan cara memaksimalkan patroli yang ada di wilayah dan juga memanfaatkan sistem keamanan lingkungan atau siskamling.

Bukan itu saja, mereka juga melakukan imbauan kepada warga untuk semakin meningkatkan kewaspadaan untuk memarkir kendaraan mereka, baik saat di rumah atau pun ketika berada di tempat umum yang sudah dirasa sangat aman.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari pencurian motor baik di rumah atau pun saat berada di tempat umum.

Pertama, kamu harus memastikan kalau kunci setang ke kanan, karena ini dirasa sebagai langkah paling aman untuk bisa meminimalisir terjadinya pencurian.

Selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk mencabut capacitor dischard ignition atau CDI. Ini merupakan alat yang berguna untuk menjalankan proses pengapian di motor dengan sistem kaburator.

Lalu saat melakukan parkir, sangat disarankan untuk memilih posisi parkiran terdalam. Mungkin biasanya kita akan memilih posisi terluar karena ini bisa memudahkan kita keluar dari tempat itu, tetapi untuk membuat pencuri sulit meraih posisi motor kamu, ada baiknya memilih posisi terdalam.

Terakhir, kamu bisa mencoba untuk menambahkan kunci pengaman tambahan yang kini sudah mudah untuk ditemukan di pasaran. Seperti dengan menggunakan gembok atau pun dengan rantai. Salah satu yang disarankan adalah gembok cakram, sehingga bisa membuat pencuri kesulitan untuk membuka motor kamu.

You may also like