Hukum Apa yang Bisa Menjerat Gaga Muhammad?

Laura Anna dinyatakan meninggal dunia pada, Rabu (15/12/2021). Ia meningga dunia saat tengah berjuang untuk menuntut keadilan atas mantan kekasihnya, yakni Gaga Muhammad.

Hal ini dikarenakan Gaga Muhammad merupakan orang yang membuat dirinya lumpuh. Mobil yang dikendarai oleh Gaga mengalami kecelakaan di Tol Jagorawi pada tahun 2019 lalu. Kecelakaan itu terjadi karena Gaga Muhammad tengah dalam kondisi mabuk.

Ini mengakibatkan Laura Anna yang saat itu duduk di kursi penumpang mengalami cord spinal injury. Sedangkan Gaga yang menyetir hanya mengalami luka ringan.

Selama dua tahun Laura pun harus berjuang untuk melawan cedera tulang belakang. Karena insiden tersebut, ia tidak bisa menggerakkan separuh dari tubuhnya.

Pada awalnya tidak ada niatan Laura untuk melaporkan tindakan yang sudah dilakukan Gaga ke polisi. Tetapi setelah Gaga Muhammad memutuskan hubungan dengannya, ini membuat Laura akhirnya menuntut pertangungjawaban dari Gaga.

Setelah Gaga dilaporkan ke polisi, pria bernama asli Gaung Sabda Alam Muhammad ini ditahan di Rutan Satlantas Metro Jakarta Timur pada tanggal 2 November 2021.

Penahanan tersebut dilakukan setelah berkas dari kasus yang dilaporkan itu sudah dinyatakan lengkap atau P21. Ia ditahan setelah menjadi terdakwa dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang membuat Laura mengalami kelumpuhan.

Di dalam persidangan yang digelar pada Pengadilan Negeri Jakarta Timur tersebut, Jaksa Penuntut Umum, Handri Dwi Z, menyebutkan kalau Gaga tengah dalam pengaruh alkohol ketika mengemudikan mobilnya.

Laura juga membenarkan pernyataan yang ada di dalam persidangan tersebut. Ketika kejadian terjadi, Laura Anna saat itu sedang dalam keadaan tidur pada kursi penumpang dan ia mengenakan sabuk pengaman.

Ia pun baru menyadari kalau menjadi korban kecelakaan setelah ia berada di rumah sakit dan merasa kalau tubuhnya sulit untuk dapat digerakkan.

Atas hal ini, Gaga Muhammad pun disangkakan dengan Pasal 310 ayat 3 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dengan pasal ini, Gaga dapat dipenjara paling lama lima tahun dan didenda sebesar 10 juta rupiah.

Sebelumnya, setelah insiden kecelakaan tersebut ibunda Gaga pernah meminta anaknya untuk menikahi Laura. Tetapi rencana ini gagal karena Gaga saat ini harus berada di balik jeruji besi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Fachmi Bachmid merupakan pengacara yang membela Gaga Muhammad di persidangan. Keluarga Gaga mengaku tidak mampu untuk membayar jasa pengacara untuk bisa membela Gaga Muhammad di persidangan.

Mereka memilih untuk menggunakan jasa dari Fachmi Bachmid karena adanya faktor pertemanan dekat dengan keluarga.

Dalam wawancaranya, Fachmi Bachmid mengatakan kalau setelah kejadian Gaga dipanggil polisi untuk diperiksa.

Kini gaga Muhammad sudah mendekam di penjara dan membayar perbuatan yang sudah ia lakukan.

You may also like